Pengalamanku: Syarat & Cara Membuat BPJS Ternyata Mudah Banget

Saya dipilih oleh masyarakat sini untuk menjadi ketua RT. Ga tahu apa alasan mereka memilih aku. Sebenarnya aku ga setuju, tapi mau gimana lagi, mereka maunya aku terus. Padahal, aku di sini baru 2 tahun. Dan aku masih anak-anak.

Akhirnya, pindahlah papan ketua RT dari ketua RT lama ke dinding depan rumahku.
Walau begitu, ada hikmah yang bisa aku share ke kamu. Salah satunya, masyarakat sini kalau membuat BPJS, sering di lempar ke aku. Aku yang suruh ngurusin.

Nah, pengalaman membuat BPJS ini lah yang akan aku share ke kamu. Siipp???
Kalau kamu cari info cara bikin BPJS di internet, sepertinya ribet banget kan ya?? Padahal ga gitu. Aku daftrarkan BPJS wargaku cuma lewat WA doang. Ini karena aku sudah kenal dengan pegawainya.

Tapi aku akan kasih panduan membuat BPJS yang sesuai prosedur saja. Biar bisa kamu ikuti langkahnya.

Sebelum beraksi, Siapkan syarat membuat BPJS berikut ini:

  1. Foto KK. Foto ya, bukan foto copy. Jadi, KK asli silahkan kamu foto dulu. Pakai HP saja. Tapi untuk jaga-jaga, bawa KK nya ke kecamatan.
  2. Nomor rekening tabungan. Nomor rekening ini cukup milik salah satu dari anggota keluarga yang ada di KK. Tidak harus rekening ayah atau ibu. Boleh rekening anak.
  3. Nomor HP. Pastikan nomor HP nya bisa menerima SMS.


Nah, langkah-langkah cara mudah membuat BPJS sebagai berikut:

  1. Datang ke kantor kecamatan dan tanya pada salah satu pegawai kantor kecamatan. Tanya saja: "Pak, saya mau buat BPJS, saya harus mendatangi siapa?" Pasti nanti ditunjukin sama pegawai itu.
  2. Kalau sudah ketemu pegawai BPJS, nanti kamu akan dimintai data-data syarat di atas. Kasih aja. Biar pegawainya yang memproses.
  3. Pemrosesan pendaftaran BPJS paling 5 menit doang.
  4. Kalau sudah diproses, tinggal tunggu nomor virtual account (VA) yang akan dikirimkan ke nomor HP terdaftar. Tampilan SMS nya nanti seperti ini:

Kalau udah gitu, nanti kamu tinggal bayar saja. Bisa lewat internet banking, sms banking, ATM, atau lewat alfa dan indo mart saja.

Tapi ingat, nomor VA ini bisa dibayar 2 minggu sejak pendaftaran. Ya sesuai dengan informasi SMS yang diterima dari BPJS. Jadi ga bisa langsung dibayar hari itu juga. Nunggu 2 minggu. Ga tahu kenapa harus begitu.

Kalau udah dibayar, jangan buang dulu struk pembayarannya. Simpan dulu. Buat jaga-jaga kalau kartu BPJS nya ga dikirim-kirim sama BPJS Cabang.

Biasanya, sehari setelah pembayaran BPJS pertama, kartu BPJS nya dikirim ke alamat KK lewat expedisi POS. Kalau ga dikirim-kirim, kan bisa komplain pakai struk pembayaran yang kamu simpan itu. Komplain lewat pegawai tempat kamu membuat BPJS.

Catatan:
Pendaftaran BPJS sekarang mewajibkan satu keluarga. Artinya, kalau Anda mau buat BPJS, maka semua anggota keluarga yang tertulis di KK akan otomatis didaftarkan juga oleh sistem. Iya, oleh sistem. Tidak bisa di nego.

Kalau anggota KK nya ada 5 orang, maka otomatis akan membuat 5 BPJS dan pembayaran tiap bulan pun akan membayar semua anggota KK. Ga bisa perorangan.

Kalau hanya bayar perorangan tiap bulan, sistem akan menolak dan dianggap belum membayar angsuran bulanan. Mantap??? Hihihi

Begitulah, pengalamanku membuatkan BPJS warga-wargaku. Ingat ya... itu pengalamanku. Referensinya, cuma dari pengalamanku doang.

Aku nulis banyak seperti ini agar bisa membantu kamu. Aku cuma berharap, semoga benar-benar membantumu dan aku dapat belas kasih Tuhanku.

Lalu, kamu yang sudah mendapatkan manfaat dari pengalamanku, jangan hanya untuk diri sendiri saja. Share ke teman-temanmu biar kamu juga bisa memberi manfaat kepada orang lain.

Tapi, mendingan kamu sih. Cuma klik share tombol dibawah, udah bisa membantu teman-teman dan keluarga. Kalau aku kan kudu nulis dulu.

Bye, saya Maolana.

Belum ada Komentar untuk "Pengalamanku: Syarat & Cara Membuat BPJS Ternyata Mudah Banget"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel